PERTANYAAN PUTRIKU

Pernahkah anda berfikir bagai mana suara anda di Ponsel anda bisa di terima Oleh orang yang Ratusan bahkan mungkin ribuan kilometer dari anda dalam beberapa detik ?


Atau pernahkah orang orang zaman dulu menghayalkan bagai mana caranya berbicara dengan orang yang berada sangat jauh dari kita tanpa harus menggunkan Kabel ?


Jika kita memikirkannya tentu akan bingung dengan sendirinya, namun itulah Tekhnologi kekuatn Otak manusia yang di berikan Oleh Allah tentunya berfungsi dengan baik hingga di temukannya Alat-Alat sedemikian canggih yang mungkin kakek nenek kita dulu berfikir itu adalah mustahil.

Ada satu hal yang menarik jika anda Mempunyai Anak yang terlampau Kritis terkadang di menanyakan hal hal yang tidak pernah kita fikirkan sebelumnya ,

Hal yang mengelikan ketika saya di Tanya oleh pitri saya yang baru duduk di kelas 2 sd dan mulai mengenal yang namanya ponsel

"Gimana sih yah kok kita bisa ngomong ama nenek di kampung hanya dengan HP, kan gak ada kabelnya ?" trus suaranya lewat mana yah , yang bawa suaranya siapa...?"
Pertanyaan yang gampang tapi jawaban yang sulit dan perlu dijawab dengan benar bukan ?

Bagai mana cara kerja HP hingga bisa mengirim dan menerima suara dari jarak yang sangat jauh begini ceritanya:
Mengirim
Saat ngah (kakak) sedang melakukan komunikasi lewat ponsel, gelombang sinyal suara yang dihasilkan dari ngah (kakak) akan merambat di udara. Gelombang sinyal suara tersebut akan diterima oleh microphone yang ada pada HP ngah (kakak) untuk diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan akan dilanjutkan kepada bagian audio processor untuk dikuatkan dan diproses. kalau ngah (kakak) melakukan SMS, maka perintah yang diketik ngah (kakak) kepada keyboard akan di proses oleh CPU (Central Proccesor Unit).

Sinyal data informasi akan dicampur dengan sinyal pembawa oleh RF(Radio Frequency) processor. Sinyal pembawa pada teknologi GSM mempunyai kisaran frekuensi 900-1900 MHz. Sinyal data informasi yang sudah dicampur dengan sinyal pembawa akan diterima oleh base station. Jarak ponsel kepada base station cukup jauh. Maka sinyal tersebut harus betul-betul kuat agar dapat diterima oleh base station. Maka sinyal tersebut harus diperkuat oleh PA (Power Amplyfier). Bila penguatan akhir pada bagian pengiriman tidak berfungsi dengan baik maka ponsel tidak akan bisa meregistrasikan jaringan kepada operator.

Setelah dikuatkan, sinyal akan dilanjutkan kepada antenna switch untuk dihubungkan kepada antena. Antenna switch dapat dianalogikan seperti bandara, di mana pada bagian transmisi data informasi pada HP terdapat dua jalur, yaitu penerimaan dan pemancaran. Maka tanpa adanya antenna switch, sinyal yang diterima dengan sinyal yang akan dipancarkan akan saling bertabrakan. Sinyal selanjutnya akan dipancarkan melalui antena kepada base station.

Lalu bagaimana dia menerimanya ?
Begini ceritanya;..

Sinyal informasi yang dipancarkan base station akan diterima terlebih dahulu oleh antena ponsel. Selanjutnya akan diteruskan kepada antenna switch untuk diteruskan kepada LNA.
Agar sinyal dapat diterima dengan baik oleh bagian RF, sinyal yang dipancarkan oleh base station akan dikuatkan terlebih dahulu oleh LNA (Low Noise Amplyfier). LNA juga dapat berfungsi sebagai pemotong noise (desah).

Sinyal yang dihasilkan oleh LNA masih tercampur dengan sinyal pembawa. Agar dapat diproses oleh bagian DSP (Digital Signal Proccesor) maka sinyal data informasi harus dipisahkan terlebih dahulu oleh RF processor. System ini dinamakan dengan demodulasi.

Sinyal data informasi akan dikonversikan menjadi berbentuk sinyal digital. Pada bagian RF, sinyal masih menggunakan berbentuk analog sedangkan pada bagian prosesor utama karakternya berbentuk digital.
Selanjutnya sinyal data informasi yang telah dikonversikan akan dilanjutkan kepada bagian prosesor utama (CPU). Bila sinyal data informasi tersebut adalah suara maka akan dilanjutkan kepada audio amplifier. Sinyal audio tersebut akan diubah menjadi gelombang elektromagnetik, selanjutnya akan dihubungkan kepada speaker agar sinyal elektromagnetik tersebut menjadi sinyal suara yang merambat di udara agar dapat didengar oleh nenek

Putri saya tampaknya malah bertambah bingung, tapi paling tidak saya sudah berusaha menjelaskanya dengan benar, suatu saat dia akan mengerti dengan sendirinya apalagi jika nanti dia telah menjadi Ahli Fisika ... amin

Suatu pagi dia sedang menonton Spons BOB di sebuah TV swasta, saat itu saya sedang menikmati kopi , sekonyong konyong dia bertanya :
‘Kalau Gambar tivi gimana yah, kok bisa sama Tv Kita sama punya Alin (tetangga kami) sama sama punya Film Spons BOB, ? berarti XXtv nya pasang DVD banyak dong yah ?"

Hmmm.......Mendengar pertanyaan nya mendadak Kopi ku terasa PAHIIIIIT sekali..........., kujanjikan padanya nanti malam kuberi jawaban........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar